LWB5MaR9Mqp6LWNaMat9LGZcLTcsynIkynwdxn1c
7 Tips Membeli Laptop aman dan mudah

7 Tips Membeli Laptop aman dan mudah

7 Tips Membeli Laptop aman dan mudah


Penggunaan laptop sebagai media selama pandemi pastinya sudah menjadi hal yang biasa. Pembelajaran yang seharusnya bertatap muka kini tergantikan dengan sarana pembelajaran online dengan sarana laptop. Dan sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut. Bila kamu penasaran akan tips mudah untuk membeli laptop, maka kamu perlu memperhatikan perangkat yang sesuai untuk memenuhi kebutuhanmu saat ini.

Untuk memilih perangkat yang sesuai bisa dilihat dari banyak aspek seperti budget yang kamu miliki dan masih banyak lagi yang akan di bahas pada artikel di bawah ini. Maka mari simak ulasannya dibawah ini:

  • Tentukan Budget.

Hal penting yang perlu kamu siapkan adalah budget. Tentu saja harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan range harga laptop yang kamu inginkan. Apabila kamu ingin memiliki laptop yang berkualitas bagus dan murah. Kemungkinan untuk laptop harga 3 jutaan sampai 4 jutaan sudah cukup memadai jika hanya untuk mengerjakan pekerjaan yang sederhana dan ringan. Untuk harga 3 jutaan sampai 4 jutaan kamu bisa mendapatkan spesifikasi sebagai berikut yaitu: Dell Inspiron 11 3180 (Prosesor AMD A9 9420e, RAM 4 GB, penyimpanan hingga 500 GB, dan 720p HD Webcam), ASUS VivoBook X540YA (RAM 4 GB, prosesor AMD generasi 7, dan terdapat NVIDIA GeForce 9000 Series)HP Notebook – 14-bw005au (AMD generasi 7, AMD Radeon R3 Graphics, dan memiliki RAM 4 GB), dan Lenovo IdeaPad 320 (Prosesor AMD generasi 7, RAM 4 GB, terpasang Windows 10, dan Hard disk 1 TB).

  • Desain.

Setelah menentukan budget yang sesuai. Maka kamu harus menentukan ingin memiliki laptop seperti apa, memiliki desain yang bagaimana, dan pastinya harus nyaman untuk kamu gunakan ya… Meskipun pemilihan desain penting untuk menjadi opsi ketika membeli laptop tapi tetap harus memeperhatikan dari segi kenyamanan kamu menggunakan laptop tersebut.

  • Spesifikasi Umum Laptop Sesuai Kebutuhan.

Setelah dirasa desain yang kamu pilih sudah cocok maka kamu bisa menyesuaikan kebutuhan laptop kamu. Kamu harus mencari tau, apa itu kebutuhan yang dapat kamu penuhi jika memebeli laptop tersebut? Sebagai pelajar biasanya tak terlepas untuk membuat dokumen, makalah, presentasi, dan untuk melakukan meeting dikarenakan pandemi. Jadi bisa memilih laptop di range harga 5 jutaan ke bawah.

  • Pahami Jenis dan Merek.

Laptop memiliki banyak jenis juga merek, setelah kamu memilih nya sesuai kebutuhan yang paling penting maka perhatikanlah jenis dan merk laptop tersebut. Setelah menyesuaikan budget dan kebutuhan maka kamu harus menyesuaikan juga dengan merk nya. Karena biasanya terdapat reputasi pemakaian. Dan kamu bisa membacanya di testimoni yang beredar pada internet.

Ada banyak merk juga jenis yang beredar seperti Toshiba, Acer, Apple, Lenovo, HP, Dell dan masih banyak lagi. Pertimbangkan reputasi dari merk tersebut, contohnya Toshiba terkenal sebagai laptop tahan banting dan mempunyai umur pakai lebih lama daripada yang lain.

  • Sistem Operasi sesuai.

Tak kalah penting dengan aspek lain. Memilih Sistem Operasi yang sesuai juga bisa mempengaruhi kinerja kamu dalam mengerjakan tugas. Misalnya saja penggunaan Windows yang bisa kamu gunakan. Apalagi pada tahun ini, windows telah resmi akan merilis versi terbarunya yaitu Windows 11 yang bisa kamu baca pada situs resmi Cvpulsa di sini Windows 11, What’s New?.

  • Beli Laptop yang Bergaransi.

Saat ini jika kamu membeli laptop di distributor resmi tentu saja sudah memiliki garansi. Garansi menjamin laptop kamu nyaman untuk kamu gunakan tanpa mengkahawatirkan masalah di kemudian hari. Karena jika nanti ada masalah dengan laptop yang maka kamu tidak perlu membawanya ke service laptop dengan catatan jangan sampai terlewat dari masa garansi. Contohnya saja laptop Asus yang memiliki garansi sampai dengan 2 tahun.

  • Cek Kondisi Laptop

Sebelum pulang maka sebaiknya kamu harus mengecek terlbih dahulu kondisi laptop yang telah kamu beli. Apakah semua fitur berfungsi dengan baik dan semua kondisi berjalan dengan baik. Perhatikan juga koneksi pada USB, HDMI, LAN, dan Wifi sudah tersedia atau belum. Dan yang paling penting kamu juga harus mencobanya. Supaya ketika terjadi masalah kamu bisa mendapatkan solusinya atau bahkan bisa mengganti dengan laptop lain.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk membeli laptop maka kamu harus mempertimbangkan budget yang kamu miliki, desain, spesifikasi kebutuhan laptop, baterai, sistem operasi, bergaransi dan terpenting adalah cek kondisi laptop. Jadi, apakah kamu sudah pernah menerapkan beberapa tips dan trik di atas untuk membeli laptop baru?

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp
// HIDE URL M1 BLOG // PWA BLOG